Kamis, 11 Oktober 2012

Dulu produktif sekarang konsumtif


srodokan 11 Oktober 2012, pola hidup masyarakat korban bencana merapi 2010 dusun srodokan wukirsari cangkringan sleman yang berubah ke arah konsumtif sejak penambangan material sisa erupsi Merapi yang berupa pasir dan batu.

Perubahan ini diakui ataupun tidak memang terjadi apalagi di daerah yang punya kualitas pasir nomer dua seindonesia setelah Gunung galunggung kononnya.Menurut Totok hartanto yang akrab di panggil sondong tokoh pemuda setempat, Sifat konsumtif masyarakat ini terjadi belum lama, yaitu setelah dimulainya pengerukan pengerukan mutiara hitam karena rupiah mudah dihasilkan dari itu.

Pola tersebut termasuk positif ataupun negatif, yang jelas kehidupan masyarakat sudah seperti masyarakat kota, dari financial cukup membanggakan walaupun cuma sementara, tapi untuk masalah sosial cukup memprihatinkan dan takutnya jika nanti pasir dan batu ini habis terus bagamana? apa tidak kaget!!."Ujarnya.

Pola konsumtif tidak baik untuk kehidupan selanjutnya, seandainya bisa di kelola atau di manejenem dengan baik tentu akan lebih berguna kedepannya. saya berharap masyarakat srodokan sadar akan hal itu.Mari kita kembali seperti semula, boleh kita kehilangan harta benda maupun rumah, tapi rasa sosial kita jangan.


0 komentar:

Posting Komentar