Sabtu, 23 Maret 2013

Gotong royong harta abadi


Srodokan 24 maret 2013 hari ini masyarakat srodokan bergotong royong lagi yaitu nggawe ruwat (gali kubur) di sasono loro lor pandan untuk almarhum Parno 40 tahun warga dusun bakalan argomulyo cangkringan sleman, meninggal dunia akibat penyakit komplikasi yang di deritanya, beliau meninggal di rumah sakit panti rini kalasan dan jenazah saat ini di semayamkan di sebelah selatan polsek cangkringan, berhubung untuk rumah/huntap yang dibangun untuk korban erupsi merapi 2010.

Meskipun bakalan sudah berbeda padukuhan dan kelurahan namun pola kegotong royongan ini sudah terbangun sejak lama. Jika warga bakalan ada yang meninggal dunia dan dikuburkan di makam pandan, maka warga srodokan yang nggawe ruwat dan jika warga srodokan yang meninggal warga pandanlah yang gawe ruwat dan seterusnya.

Satu minggu dua kali, setelah hari minggu lalu nggawe ruwat buat mbah kismo warga srodokan, dan sekarang buat ruwat lagi, salut buat masyarakat meskipun dalam keadaan tercerai berai seperti saat ini, namun secara otomatis rasa kegotong royongan masih ada, harapannya gotong royong ini menjadi harta yang abadi dan tak akan pernah habis sampai kedepannya.(TSH).


0 komentar:

Posting Komentar