Sabtu, 06 Oktober 2012

Perubahan mata pencaharian sesudah erupsi Merapi 2010


Srodokan 7 oktober 2012 Paska bencana merapi 2010 pola mata pencaharian masyarakat srodokan wukirsari cangkringan sleman banyak yang berubah.Peralihan mata pencaharian ini lebih  disebabkan karena faktor alam. Dulu yang mayoritas petani, pedagang sekarang lebih ke penambangan pasir.



Menurut asep mahmud diarto (29), warga masyarakat srodokan perubahan ini lebih di pengaruhi oleh faktor pendapatan, karena jika mempertahankan profesi seperti sebelum erupsi merapi 2010 hasilnya cuma sedikit, tidak cukup untuk kebutuhan sehari hari.kalau thoker dan ngepok pasir dari penambangan alat berat seperti ini rata rata sehari dapat Rp 400.000 bekerja dari jam 1.00 dini hari sampai sore.

Pekerjaan seperti ini sifatnya cuma sementara tidak bisa untuk selamanya, walaupun hasilnya lumayan besar tapi pekerjaan seperti ini tidak menjanjikan masa depan yang lebih baik,tapi kalau disuruh memilih pilih seperti dulu sebelum bencana mas."Ungkapnya.

Ngepok dan thoker seperti ini hanya sementara, harapannya pemerintah bisa membuka lapangan pekerjaan atau memberi modal usaha buat kami sehingga punya pekerjaan yang tetap.

0 komentar:

Poskan Komentar